Bermain di Luar Ruang Banyak Manfaatnya, Tapi Amankah untuk Si Kecil?

Tahukah Moms, memberikan stimulasi yang tepat akan membantu mendorong perkembangan kecerdasan anak secara optimal? Salah satu stimulasi yang bisa membantu perkembangan anak adalah dengan bermain, termasuk bermain di luar ruang. Namun, dalam kondisi pandemi seperti sekarang, apakah cukup aman membiarkan Si Kecil bermain di luar?

Manfaat Bermain di Luar Ruang untuk Anak 

Secara umum, bermain merupakan aktivitas penting bagi anak-anak. Dalam buku Begin Bright: Fondasi Sukses Anak Dibangun Sejak Dini, penulis Andri Priyatna mengurai manfaat yang didapat anak lewat bermain. Manfaat tersebut adalah: membantu anak tumbuh kuat dan sehat, belajar tentang dunia, belajar tentang orang lain, tumbuh dengan cara yang nyaman, dan membantu anak berlatih untuk menjadi dewasa. 

 

Bermain juga membantu anak-anak tumbuh dan berkembang dalam empat cara, yakni fisik, mental, emosional, dan sosial. Secara fisik, ketika berlari, melompat, dan memanjat, anak-anak otomatis melatih otot-otot juga kemampuan motorik kasar serta halus. Bermain juga melatih mental anak, seperti tidak mudah menyerah serta mengenali emosi. Emosional anak juga bisa tersalurkan, misalnya ketika bermain dengan cara menggambar atau melukis. Selain itu, bermain juga melatih kemampuan sosial anak. 

 

Secara khusus, bermain di luar ruang bermanfaat untuk:

- Memberi kebebasan untuk anak bergerak, seperti melompat, menendang, berlari, memanjat, dan kegiatan fisik motorik besar lainnya. 

- Mendekatkan anak dengan alam. Melihat dan berinteraksi langsung dengan alam, seperti ranting, batu, daun. Hal-hal ini membantunya mengenal warna, tekstur, bentuk, aroma, dan sebagainya. 

- Mengenal alam membantunya lebih peduli terhadap alam. 

- Memantik imajinasi anak. 

- Melatih kemampuan anak untuk berbagi, bernegosiasi, menyelesaikan konflik, melatih kepercayaan diri, dan menjalin hubungan saat bermain berkelompok. 

Alasan Orangtua Membatasi Anak Main di Luar Ruang

Sebagian orangtua memilih membatasi kegiatan anak di luar ruang karena beberapa alasan. Salah satu alasan yang paling umum adalah untuk melindungi anak dari penularan penyakit. Bermain di luar ruang bisa jadi memperbesar risiko tertular penyakit. Bisa dari penularan penyakit yang umum didera anak-anak seperti flu, sakit perut karena bakteri, hingga penyakit Covid-19. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didulang anak ketika bermain di luar ruang, seperti yang disebutkan di atas. 

Tips Anak Tetap Aman saat Bermain di Luar Ruang

Agar anak bisa terus mendapatkan berbagai manfaat dari bermain di luar ruang dan tidak khawatir tertular penyakit, orangtua perlu memberikan perlindungan dengan memastikan Si Kecil melakukan protokol kesehatan serta memperkuat daya tahan tubuh anak. Harapannya, hal-hal ini bisa membantu anak terhindar dari penularan penyakit Covid-19 maupun penyakit umum lainnya. 

 

Saat akan bermain di luar ruangan, pastikan Si Kecil dalam keadaan sehat. Ajarkan anak agar mengerti dan mau melakukan tindakan pencegahan dengan menjaga jarak setidaknya 1-2 meter dengan teman maupun orang lain, menggunakan masker, tidak boleh menyentuh area mata dan mulut, serta sering mencuci tangan.  Sesudah bermain, selalu mandi dan ganti pakaian bersih. 

 

Untuk perlindungan dari dalam, pastikan untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh anak. Daya tahan tubuh bisa dijaga dengan pola makan yang optimal dan sehat, istirahat yang cukup, serta latihan fisik yang teratur. Bila perlu, tambahkan suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Salah satu suplemen yang bisa dijadikan pilihan adalah STIMUNO.

 

STIMUNO merupakan produk herbal fitofarmaka yang mengandung komposisi tunggal ekstrak tanaman Meniran (Phyllanthus Niruri). Ekstrak tersebut diambil dari bagian akar, daun, batang dan buah Phyllanthus yang diformulasi menjadi sirup dan kapsul. STIMUNO terbukti berkhasiat dan aman untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sakit, juga mempercepat penyembuhan. 

 

STIMUNO dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. STIMUNO sirup bisa dikonsumsi anak usia 1 hingga 10 tahun dan STIMUNO Forte untuk orang dewasa.

 

Jadi, mari bantu anak tumbuh maksimal dengan memberikan keleluasan bermain di luar ruang. Dukung pertumbuhannya dengan tindakan yang membangun serta melindungi Si Kecil dari luar serta dalam tubuh, ya.


STIMUNO dapat dibeli di Alfamart, Lion Superindo, Century, Kimia Farma, K-24, Viva Health, Guardian, Alfamidi, dan Roxy terdekat atau melalui e-commerce dibawah ini

Tokopedia

Shopee


Sumber: 

Begin Bright: Fondasi Sukses Anak Dibangun Sejak Dini, karangan Andri Priyatna

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/flu-istilah-yang-rancu

https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=4118

Share this article:

Related Articles

Ikuti Social Media kami

ig fb