Lindungi Kesehatan Anak, Ini Cara Membersihkan Diri setelah Bepergian

Selama pandemi Covid-19, banyak kondisi yang perlu diwaspadai karena bisa menjadi potensi penularan. Salah satu yang mengkhawatirkan adalah adanya klaster keluarga, akibat salah satu anggota keluarga beraktivitas di luar rumah.

Misalnya saja jika saat ini Moms bekerja di luar rumah. Maka bukan tidak mungkin, Moms terpapar virus dan kemudian membawanya ke rumah, salah satunya Si Kecil. Meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga kebersihan diri saat pulang ke rumah adalah hal penting sebagai langkah pencegahan.

Untuk itu, Moms perlu mengetahui cara membersihkan diri yang benar dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Protokol Kesehatan Masuk Rumah

Untuk mengurangi risiko penularan, lakukan 7 hal sesuai dengan Protokol Kesehatan Masuk Rumah berikut ini:

  1. Masuk rumah jangan langsung menyentuh apa pun
  2. Jika Moms terbiasa langsung disambut Si Kecil dan memeluknya, tahan dulu ya. Berikan pengertian pada anak untuk melakukan kebiasaan penyambutan setelah Moms bersih-bersih dan mandi.

  3. Buka sepatu sebelum masuk rumah

    Sediakan rak sepatu di teras rumah. Biasakan untuk melepaskan sepatu sebelum masuk ke dalam rumah.

  4. Taruh tas, dompet, kunci dan lain-lain ke dalam kotak

    Sediakan kotak di pintu masuk. Pilih kotak dengan ukuran cukup besar yang dapat menampung tas, dompet, kunci atau barang-barang yang biasa Moms bawa ketika beraktivitas di luar rumah.

  5. Segera buka pakaian dan mandi

    Jika Moms terbiasa mandi dengan air hangat, bisa hubungi orang di rumah untuk menyiapkannya terlebih dulu beberapa saat sebelum tiba di rumah. Begitu sampai di rumah buka pakaian lalu masukkan ke keranjang cucian yang tertutup.

  6. Mandi

    Sebelum melakukan aktivitas lain di rumah, segera mandi dan bersih-bersih ya, Moms! Kalau sudah mandi, Moms bisa bebas bercengkrama dengan Si Kecil.

  7. Bersihkan barang-barang yang berpotensi menularkan Covid-19

    Jangan lupa membersihkan smartphone, kacamata, dan laptop jika akan digunakan lagi selama berada di rumah dengan menggunakan desinfektan.

Itulah cara membersihkan diri setelah bepergian sesuai panduan protokol kesehatan. Jika sudah menerapkan ini semua, apa sudah boleh main bersama anak?

Menerapkan Protokol Kesehatan Keluarga

Jika Moms sudah menerapkan cara membersihkan diri setelah bepergian dengan benar, namun wajarkah bila masih bertanya-tanya apakah sudah aman bagi Si Kecil?

Itu adalah hal wajar. Selama bekerja atau beraktivitas di luar rumah, Moms mengetahui apa saja yang sudah Moms lakukan dan berinteraksi dengan siapa saja selama seharian.

Wajar jika itu menimbulkan kekhawatiran. Kadang orang yang kita temui, belum tentu memproteksi dirinya dengan cara yang benar.

Menurut data Satgas Nasional pada 14 Oktober 2020 lalu, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, “Sebagian dari 1.299 klaster yang ditemukan Kementerian Kesehatan adalah klaster keluarga. Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan, klaster keluarga ini memang sulit dihindari. Karena terkait dengan klaster-klaster lain.”

Untuk melindungi kesehatan anak, Moms juga bisa menerapkan Protokol Kesehatan Anggota Keluarga. Simak penjelasan berikut:

  • menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter,
  • cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20-30 detik atau gunakan hand sanitizer,
  • hindari kerumunan, termasuk di dalam rumah,
  • batasi diri saat berinteraksi atau kontak dengan orang lain, kurangi transaksi dengan uang fisik, desinfeksi paket yang baru diterima
  • tidak ada yang merokok di dalam rumah,
  • jika sakit, terapkan etika batuk dan bersin, lalu segera hubungi dokter jika sakit berlanjut,
  • perawat anggota keluarga yang rentan harus menerapkan protokol kesehatan.

Jika orang yang Moms temui di kantor memiliki gejala sakit, tetap gunakan masker selama di rumah. Terutama saat berinteraksi dengan Si Kecil.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Keluarga

Jika Moms sudah menjaga kebersihan dengan berbagai upaya, maka jangan lupa untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat juga ya, yaitu:

  • konsumsi gizi seimbang,
  • lakukan olahraga atau aktivitas fisik minimal 30 menit sehari,
  • istirahat cukup 6-8 jam,
  • kelola stres,
  • menggunakan toilet yang bersih dan sehat,
  • mandi dan bersihkan diri minimal 2 kali sehari dan setelah melakukan aktivitas di luar rumah,
  • ganti pakaian sebelum kontak dengan anggota keluarga di rumah.

Penting untuk memproteksi kesehatan anak dengan menerapkan pola hidup sehat baik dari luar dan dari dalam. Moms juga bisa menambahkan suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal. Salah satu suplemen untuk anak yang bisa Moms pilih adalah STIMUNO.

STIMUNO merupakan produk suplemen untuk anak berbahan herbal fitofarmaka yang mengandung komposisi tunggal ekstrak tanaman Meniran (Phyllanthus Niruri). Ekstrak tersebut diambil dari bagian akar, daun, batang dan buah Phyllanthus yang diformulasi menjadi sirup dan kapsul.

STIMUNO aman untuk dikonsumsi bagi anak-anak hingga orang dewasa. STIMUNO sirup dapat dikonsumsi anak-anak mulai dari usia 1-10 tahun.

STIMUNO terbukti berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sakit, juga mempercepat penyembuhan.

STIMUNO dapat dibeli di Alfamart, Lion Superindo, Century, Kimia Farma, K-24, Viva Health, Guardian, Alfamidi, dan Roxy terdekat atau melalui e-commerce dibawah ini

Tokopedia

Shopee

Itulah cara menjaga kebersihan setelah bepergian demi melindungi kesehatan keluarga di rumah. Bantu Si Kecil dengan melakukan pencegahan sedini mungkin yuk, Moms.

Source:                                                                                                                                                                                                                     

  • BNPB                                                                                                                                                                                                                  
  • Popmama.com                                                                                                                                                                                                                  

Share this article:

Related Articles

Ikuti Social Media kami

ig fb