Terlalu Lama di Ruang AC, Hati-hati Dampak Buruk Kesehatan Si Kecil

Kondisi yang mengharuskan keluarga beraktivitas lebih banyak di dalam rumah, membuat kecenderungan untuk menggunakan pendingin udara lebih sering agar tetap nyaman di dalam ruangan dan tidak panas.

Meski menawarkan kenyamanan, kualitas udara dalam ruangan ber-AC cenderung lebih buruk dibandingkan ruangan yang non-AC. Salah satunya karena ventilasi di ruang ber-AC selalu tertutup dengan rapat.

Selain sirkulasi yang buruk, suhu ruang yang lebih dingin dan lembap merupakan tempat favorit bagi virus dan bakteri untuk berkembang. Apalagi jika filter atau saringan udara dalam AC tidak dibersihkan secara rutin.

Moms, beberapa gangguan kesehatan ini bisa dialami Si Kecil jika terlalu lama beraktivitas di ruangan ber-AC.

1. Sistem imun tubuh lebih cepat menurun

Terlalu lama berada di dalam ruangan justru membuat tubuh jadi kekurangan menghirup phytoncides. Hal ini bisa memengaruhi kerja sel darah putih dalam melawan virus dan bakteri. Dengan begitu, sistem imunitas tubuh jadi menurun dan anak akan lebih rentan terkena penyakit.

Berada di ruang terbuka bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh karena Si Kecil akan lebih banyak mendapatkan paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D.

Menurut artikel di NY Times, aktivitas di luar ruangan atau alam bebas seperti taman dan hutan, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, aktivitas di alam bebas bisa mengurangi kadar stres.

Namun tidak perlu khawatir, Moms bisa sediakan suplemen multivitamin untuk anak di rumah agar daya tahan tubuh Si Kecil selalu terjaga. Salah satu rekomendasi yang bisa Moms pilih adalah STIMUNO.

STIMUNO terbukti efektif dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah anak tertular penyakit, dan baik untuk mempercepat proses penyembuhan dari sakit.

STIMUNO berasal dari ekstrak tanaman meniran (Phyllantus Nuriri) memiliki khasiat yang alami sehingga aman bagi kesehatan Si Kecil. Ekstrak diambil dari bagian akar, daun, batang dan buah Phyllanthus yang diformulasi menjadi sirup dan kapsul.

STIMUNO dapat dibeli secara online melalui e-commerce ini Moms.

2. Mudah terkena alergi

Alergi bisa berupa masalah pernapasan dan gatal-gatal pada kulit. Salah satu tanda alergi adalah jika si kecil sering bersin di pagi hari dan mengalami mata dan hidung berair. Seringkali, masalah alergi dipicu oleh alergen (penyebab alergi) yang terdapat dalam udara di sekitar atau sesuatu yang dikonsumsi oleh Si Kecil.

Menurut Health Vigil, sirkulasi udara dan debu di dalam ruangan ber-AC juga dapat menyebabkan serangan asma yang dipicu alergi. Lakukan tips berikut ini agar Si Kecil tetap nyaman dan terhindar dari alergi:

       bersihkan filter AC secara rutin dari debu sekitar 3-4 minggu sekali,                                                                                                                                                                                                                                                

       Pasang suhu AC yang membuat anak merasa nyaman, 22 derajat celcius adalah suhu yang ideal,                                                                                                                        

       ruangan ber-AC cenderung terasa lebih kering. Oleh sebab itu sediakan pelembap udara (humidifier) untuk menjaga kelembapan pada tingkat ideal.                                                                                                                        

3. Si Kecil berisiko terkena pneumonia

Pneumonia adalah penyakit yang bisa dialami oleh berbagai kalangan dan usia, tapi lebih sering dialami oleh anak-anak. Pneumonia umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Kondisi ini akan lebih mudah diidap oleh mereka yang kekebalan tubuhnya rendah.

Dari banyaknya penyebab pneumonia, salah satu yang juga sering terjadi adalah legionella pneumonia yang disebabkan bakteri yang berasal dari pendingin ruangan yang tidak dibersihkan secara rutin.

4. Sulit untuk toleransi dengan cuaca panas

Jika anak sering berada di ruangan ber-AC dengan suhu rendah maka tubuhnya terbiasa merasakan kenyamanan tersebut. Ini akan membuat anak kurang toleran terhadap panasnya suhu di luar ruangan.

Akibatnya anak terlalu mudah berkeringat dan mudah rewel jika kegerahan. Sebagai solusi, Moms dapat meningkatkan aktivitas di luar ruangan. Misalnya dengan mengajak Si Kecil untuk bermain sepeda di pagi hari atau mengadakan permainan yang bisa meningkatkan bonding dan kreativitas anak.

5. Anak lebih rentan terkena flu

Terlalu lama berada di ruangan ber-AC bisa membuat anak lebih rentan terserang flu.

Dikutip dari Live Science, AC sendiri bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri jika tidak dirawat dengan baik. Sementara virus yang dibawa oleh orang yang terkena flu bisa menjadi berputar-putar di dalam ruangan jika tidak ada sirkulasi udara karena penggunaan AC.

Untuk mencegah hal ini, Moms bisa memastikan agar rumah memiliki ventilasi yang baik untuk menghilangkan udara pengap dan lembap.

Selain itu, Moms juga bisa membantu Si Kecil menjaga sistem kekebalan tubuhnya dari dalam dengan memberikan buah dan sayuran yang kaya vitamin C dan protein serta zat gizi lainnya seperti jeruk, brokoli, bayam, pepaya, kiwi atau mangga.

Jangan lupa untuk menambahkan suplemen multivitamin juga Moms. STIMUNO sirup dapat dikonsumsi anak-anak mulai dari usia 1-10 tahun. Moms bisa berikan STIMUNO setiap hari pada Si Kecil setelah makan.

Selain dapat dibeli secara online, STIMUNO juga tersedia di Alfamart, Lion Superindo, Century, Kimia Farma, K-24, Viva Health, Guardian, Alfamidi dan Roxy terdekat. Dapatkan promo diskon sampai dengan 50% untuk pembelian produk Stimuno, khusus bagi Moms yang mendaftar untuk menjadi member dan melakukan pembelian melalui e-commerce ini.

Itulah bahayanya jika anak terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Pastikan kebersihan rumah selalu terjaga dan membersihkan filter AC dari debu secara rutin ya, Moms.

Share this article:

Related Articles

Ikuti Social Media kami

ig fb